Bulan Juli 2018, warganet digegerkan oleh munculnya fenomena alam langka embun es di Dieng. Tentu para masyarakat yang tinggal di sekitar Dieng dan wilayah Indonesia sangat penasaran bagaimana dan seperti apa rasanya dinginnya Dieng yang mampu membekukan embun-embun pagi di Dieng menjadi kristal-kristal es cantik. Dieng beku dalam suhu 4 derajad celciushingga -2 derajad celcius. Sebenarnya fenomena salju Dieng tidak hanya terjadi ditahun ini saja yakni tahun 2018, fenomena salju Dieng kerap terjadi setiap tahun saat musim kemarau kunjung datang seperti di Bulan Juli dan Agustus. Hanya saja berita yang beredar sekarang ini sangatlah viral sehingga menjadi trending topic pencarian di media internet dan media sosial sehingga menjadi kata kunci yang banyak dicari oleh khalayak umum tentang wisata Dieng.

salju dieng

Fenomena salju Dieng memang menjadi tontonan yang asyik apalagi bagi Anda para wisatawan domestik yang belum pernah merasakan liburan ke Eropa, anggap saja Dieng seperti Eropanya Indonesia karena muncul salju atau embun es yang akan jarang dijumpai dibelahan wilayah Indonesia lainnya. Fenomena salju Dieng juga banyak mengundang para fotographer dan pencari berita agar tidak ketinggalan momen-momen langka di Dieng.

Tidak semua wilayah di Dataran tinggi Dieng diselimuti embun es ya, hanya di beberapa titik saja salju Dieng tersebut muncul. Salju Dieng muncul dengan sangat extrim di kawasan obyek wisata Komplek Candi Arjuna, disinilah fenomena Dieng beku nol derajad celcius yang sangat terkenal. Jika pagi hari di musim dingin seperti saat ini wilayah komplek candi arjuna terlihat putih seperti diguyur salju dengan suhu extrim. Embun es yang menempel di rerumputan, pepohonan, dan lahan pertanian sayur mayur membuat pagi hari di Dieng makin syahdu. Fenomena salju Dieng ini juga hanya terjadi dari pukul 00.00 atau tengab malam hingga pukul 06.00 pagi ya hingga matahari terbit dan mampu menghangatkan bekunya Dieng saat silver sunrise tampak di candi Arjuna.

Wilayah lain yang di selimuti salju Dieng diantaranya pedesaan Dieng kulon dan Dieng wetan yang areanya memang agak cekung, disitulah udara menurun drastis hingga air di ember atau di botol-botol minuman kemasan yang diletakkan diluar rumah juga akan menjadi es batu. Setiap air yang menempel dipermukaan pastilah di pagi harinya akan terlihat beku.

Untuk wilayah puncak sunrise sikunir agak jarang dijumpai salju Dieng. Daerah puncak yang pasti muncul salju Dieng selain tempat yang telah tersebut di atas ialah area Gunung Prau. Di Gunung Prau Dieng udaranya lebih extrim di banding dengan wilayah komplek candi arjuna. Di puncak Gunung Prau embun es atau fenomena salju Dieng lebih tebal dan suhu udara lebih rendah karena sudah berasa di ketinggian 2.675 meter di atas permukaan laut

Salju Dieng sebenarnya beda halnya dengan salju yang turun du belahan Eropa ya yang jatuhnya mengucur dari langit, mungkin sebagian orang yang masih awan membayangkan di Dieng turun salju seperti di Eropa. Fenomena salju di Dieng proses pembemtukannyapun berbeda. Salju Dieng ini muncul karena udara yang sangat extrim hingga minus sehingga udara sangat di wilayah Dieng sangat dingin kemudian embun-embun yang ada di permukaan daun, tanah, atap rumah dan media terbuka lainnya akan membeku. Wilayah Dieng akan beku mulai dari 4 derajad celcius hingga -2 derajad celcius.

Nah, itulah sekilas info tentang fenomena salju Dieng, Dieng membeku nol derajad celcius yang bisa membantu para wisatawan yang membutuhkan informasi tentang keadaan Dieng saat ini yang ingin berwisata ke Dieng dan ingin merasakan suhu udara sedingin Eropa. Jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan musim dingin di Dieng lengkap seperti jaket tebal, sepatu hangat, sarung tangan dan lain sebagainya. Selamat berkunjung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *