Dieng menjadi sangat populer dengan hadirnya tempat wisata untuk menyaksikan matahari terbit yaitu Bukit Sikunir. Sunrise yang biasanya disebut oleh para pengunjung Dieng ini memang sangatlah cantik dan mereka sering menyebutnya dengan golden sunrise sikunir Dieng karena pancaran matahari terbit berwarna keemasan sempurna. Dieng merupakan dataran tinggi yang dikelilingi banyak pegunungan diantaranya Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran serta gunung-gunung kecil yang ada di dalamnya seperti Gunung Prau, Gunung Nganjir, Gunung Pangonan, Gunung Pakuwojo dan lain sebagainya, makanya tidak heran bahwa Dieng memiliki tempat bagus untuk menyaksikan fenomena matahati terbit.

sunrise sikunir dieng

Lokasi : puncak Bukit Sikunir Dieng (2.345 mdpl)

Sunrise Sikunir bisa wisatawan saksikan dari atas bukit yang bernama Bukit Sikunir, bukit ini terletak di suatu desa yaitu Desa Sembungan dan masih masuk di wilayah teritorial Kabupaten Wonosobo. Desa sembungan dahulunya merupakan desa yang terpencil jauh dari perkotaan dan terletak di puncak pegunungan tapi sekarang menjadi desa yang paling terkenal di lingkup Kabupaten Wonosobo karena tempat wisatanya yang mampu membawa daerah ini terkenal hingga ke belahan dunia.

Bila Anda menginginkan menyaksikan indahnya sunrise sikunir sebagai primadona wisata Dieng tentunya harus berangkat pagi dini hari sebelum matahari bangun dari peraduannya, jadi biasanya meraka akan singgah atau menginap di hotel atau homestay di sekitar Dieng atau Wonosobo. Sebagai contoh bila Anda menginap di sekitar Kota Wonosobo baiknya berangkat dari tempat menginap pukul 03.00 pagi karena perjalanan menuju Desa Sembungan memakan waktu kurang lebih satu jam lima belas menit hingga sampai area parkir. Dan apabila menginap disekitaran Dieng seperti di Afinda Homestay, Risa Homestay dan HS Homestay, Anda bisa berangkat pukul 03.30 pagi dengan jarak tempuh 17 km saja dengan perkiraan lama 30 menit saja.

Adapun beberapa perlengkapan yang haru wisatawan bawa saat ingin melihat indahnya matahari terbit dari Bukit Sikunir diantaranya sepatu lapangan/sepatu treking/sepatu olah raga asalkan nyaman di pakai karena Anda akan melewati medan menanjak dan agak terjal, kemudian pakaian yang enak dikenakan dan longgar, jaket hangat, penutup kepala serta kaos tangan karena udara pagi hari disikunir sangatlah menusuk tulang apalagi saat musim kemarau tiba dengan suhu udara di bawah 5 derajad celcius.

Saat ini Desa Sembungan atau wisata sunrise sikunir bukanlah tempat wisata yang terpencil yang sangat sepi, kini tempat wisata ini sangatlah ramai pengunjung jadi wisatawan tidak perlu khawatir jika ingin menghangatkan badan dengan secangkir minuman panas atau aneka camilan karena di area parkir sikunir banyak terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman bahkan di puncak sikunirpun terkadang ada yang jualan minuman panas. Demikian sedikit ulasan tentang wisata terkenal di Dataran Tinggi Dieng yaitu sunrise sikunir yang telah menjadi primadona para wisatawan dan icon wisata Dieng. Anda juga bisa mengikuti program paket wisata Dieng jika tidak ingin terlalu repot memikirkan itinerary perjalanan ataupun akomodasi selama di Dieng seperti paket wisata Dieng 2D/1N atau paket wisata Dieng 3D/2N

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *