Transportasi ke Dieng merupakan sarana yang penting untuk menunjang liburan Anda ke Dieng, apalagi bagi para wisatawan yang belum mengetahui sama sekali wilayah geografis Dieng. Mungkin akan terasa mudah bagi Anda yang sudah membawa kendaraan sendiri dari tempat kediaman menuju Dieng yang penting mengetahui rute atau jalur mana saja yang harus di lalui. Terkadang pengunjung yang berasal dari daerah yang jauh dari Dieng mereka enggan untuk membawa kendaraan sendiri karena takut lelah diperjalanan. Seringnya mereka menggunakan bus umum, pesawat atau kereta api menuju ke Dieng. Nah inilah yang harus Anda ketahui bagaimana transportasi ke Dieng dari Wonosobo.

transportasi ke dieng dari wonosobo

Lokasi foto : Gardu Pandang Tieng

Wonosobo menjadi tempat titik temu para pelancong dimana mereka akan mengadakan liburan ke Dieng karena Kota Wonosobo merupakan salah satu jalur yang dilalui sebelum ke Dieng. Bagi wisatawan yang berasal dari ibu kota Jakarta, Bandung dan kota-kota besar lainnya mereka akan berhenti di terminal Wonosobo jika menggunakan bus. Bila menggunakan kereta atau pesawat akan turun terlebih dahulu di Purwokerto, Semarang atau di Yogyakarta. Dan biasanya mereka yang menggunakan pesawat atau kereta kemungkinan sudah mengikuti paket wisata Dieng dan sudah dijemput oleh agen wisata Dieng di bandara atau stasiun.

Inilah daftar transportasi populer ke Dieng yang bisa Anda gunakan bila sudah tiba di Wonosobo:

Mikro bus Dieng

Mikro bus adalah salah satu transportasi ke Dieng dari Wonosobo yang banyak orang gunakan baik masyarakat umum ataupun wisatawan. Mikro bus menjadi transportasi utama menuju Dieng dari Kota Wonosobo. Selain harganya yang sangat terjangkau, mikro bus ini mudah di temukan di jalan raya Dieng. Biasanya untuk rombongan group besar tour Dieng pun mereka harus menggunakan angkutan umum ini karena bus medium atau bus pariwisata besar tidak bisa memasuki wilayah Dieng secara langsung karena sangat berbahaya.

Untuk wisatawan yang tidak menggunakan kendaraan sendiri, mereka juga kebanyakan menggunakan angkutan mikro bus. Adapun kelebihan menggunakan sarana transportasi unum mikro bus menuju ke Dieng dari Wonosobo adalah harganya yang sangat terjangkau. Biaya dari Wonosobo hingga ke Dieng di hari biasa 12.500 per orang sekali jalan dan biasanya akan dipungut lebih bila hari ramai seperti liburan lebaran, tahun baru dan natal. Adapun kelemahan menggunakan transportasi mikro bus ke Dieng dari Wonosobo adalah waktu tempuh yang lama karena disetiap tempat pemberhentian, pasar dan tempat umum lainnya mikro bus ini berhenti mencari penumpang, jika sedang ramai penumpang Anda tidak akan mendapatkan tempat duduk jadi berdiri selama kurang lebih 1 jam dan bila menggunakan alat transportasi mikro bus untuk menuju tempat wisata Dieng Anda akan menggunakan transportasi lain lagi seperti ojek atau berjalan kaki karena jarak antara satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya terbilang jauh belum jika Anda bermalam ketika mencari penginapan atau homestay di Dieng (Rekomendasi : Afinda Homestay, Risa Homestay dan HS Homestay).

Taksi

Taksi saat ini sudah tidak menjadi sarana transportasi elit lagi, kini Anda bisa menggunakan sarana transportasi ke Dieng dari Wonosobo menggunakan taksi. Ada beberapa taksi yang standby di Kota Wonosobo yang siap mengantar Anda ke Dieng. Memang jumlahnya masih sangat terbatas tidak seperti di kota-kota besar lainnya jadi harus booking dulu dan bisa antar jemput seperti dari terminal menuju Dieng.

Kelebihan menggunakan taksi menuju ke Dieng, wisatawan tidak perlu repot menuju terminal atau halte jadi bisa langsung menjemput di tempat. Adapun kelemahan sarana transportasi ke Dieng dari Wonosobo ini ialah harganya yang relatif mahal apalagi Anda hanya sendiri atau berdua. Biaya transportasi taksi dari Wonosobo menuju Dieng berkisar 100.000 hingga 150.000 sekali jalan. Jika menginginkan untuk diantar ke tempat wisata tentunya harus membayar lebih.

Ojek wisata

Transportasi ke Dieng dari Wonosobo selain mikro bus dan taksi, wisatawan juga bisa menggunakan ojek. Ojek menjadi alternatif tepat liburan ke Dieng jika jumlah groupnya sedikit misalnya satu hingga 5 orang. Selain mudah di dapat, ojek juga langsung bisa mengantar kesemua obyek wisata Dieng dengan sistem sewa ojek harian. Jadi Anda tidak usah repot mencara beberapa transportasi lain menuju masing – masing obyek wisata Dieng seperti sunrise sikunir, Telaga Warna, Kawah Sikidang, Komplek Candi Arjuna dan juga bisa berhenti di perjalanan seperti di obyek wisata Gardu Pandang Tieng. Ojek wisata bisa Anda dapatkan di agen perjalanan wisata Dieng yang menyediakan paket tour atau paket wisata Dieng. Harga ojek wisata ini relatif lebih murah dibanding paket wisata private dengan mobil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *