8 Tips Berwisata Alam ke Dieng saat Musim Hujan

Posted on
8 Tips Berwisata Alam ke Dieng saat Musim Hujan

Berwisata alam merupakan tujuan utama dari sebagian besar wisatawan yang ada di perkotaan, salah satunya dieng menjadi destinasi wisata alam yang sangat menantang dan juga asyik untuk anda jelajahi bersama saat musim libur tiba. Namun bagaimana apabila musim penghujan ini tiba? Apakah masih relevan untuk berwisata alam ke Dieng?

Berikut kami memiliki beberapa tips yang bisa anda simak sebelum anda berwisata alam ke Dieng.

Lihat dan cek prakiraan cuaca

Walaupun kita berwisata saat musim hujan kita tetap harus melihat dan cek prakiraan cuaca disekitar lokasi wisata karena dengan begitu kita akan lebih terbantu dan lebih bisa mengantisipasi tentang kondisi cuaca yang akan terjadi pada saat hari kita berwisata. Untuk mengetahui prakiraan cuaca anda bisa lihat langsung di laman BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) atau mendownload aplikasi BMKG di playstore yang pasti lebih mudah.

Persiapkan Jas Hujan atau Payung

Salah satu untuk mengantisipasi datangnya hujan adalah dengan mempersiapkan payung atau jas hujan, karena aktivitas di wisata alam Dieng selalu outdoor maka ada baiknya anda membawa jas hujan untuk dipakai selama kegiatan wisata. Dengan memakai jas hujan maka aktivitas wisata anda akan lebih seru dengan berbagai kegiatan menarik dibawah guyuran hujan di atas ketinggian 2.000mdpl lebih.

Pilih pemandian air panas Dieng

Menentukan tujuan wisatapun tidak sembarangan karena tidak selamanya anda harus menaiki gunung saat kondisi tidak memungkinkan, karena itu kami memberikan anda tips untuk mengunjungi obyek wisata pemandian air panas yang ada di dataran tinggi dieng, dengan mengunjungi obyek wisata pemandian air panas maka anda akan merasakan sensasi refleksi pada tubuh anda walau hujan mengguyur saat anda berwisata.

Pilih penginapan dengan layanan dan fasilitas lengkap

Hal lain yang harus anda perhatikan adalah tentang tempat anda menginap, mungkin tidak akan menjadi masalah jika anda berwisata alam ke Dieng hanya satu hari saja. Bagaimana jika anda menginginkan untuk berwisata lebih dari satu hari ? Maka anda harus mempersiapkan tempat untuk beristirahat yaitu di penginapan yang ada di area wisata dataran tinggi dieng, dengan memilih penginapan di Dieng maka anda bisa lebih menghemat waktu seperti kembali ke penginapan saat hujan tiba atau melanjutkan wisata saat hujan reda. Namun dalam memilih tempat menginap anda harus memperhatikan layanan dan fasilitas yang akan anda dapatkan mulai dari welcome drink dan fasilitas yang begitu penting mulai dari pemanas air hingga selimut yang tebal untuk menemani malam yang begitu dingin.

Berwisata kuliner

Suasana yang dingin karena anda berada di ketinggian 2.000mdpl maka akan lebih terasa syahdu apabila hujan melanda, apabila anda bingung dengan destinasi alam dieng maka berwisata kuliner menjadi alternatif yang menyenangkan seperti menikmati Purwaceng yang begitu hangat untuk diminum atau menikmati lezatnya mie ongklok yang menjadi kuliner andalan dari Dieng Plateau ini. Apabila anda penikmat kentang maka anda harus mencoba kentang goreng khas dieng yang dipotong – potong dengan ukuran jumbo. Walau ukurannya jumbo namun tentang rasa tidak akan kalah dengan kentang yang ada di fast food area mengingat kentang yang fresh di Dieng menjadi keunggulan tersendiri.

Bawa obat–obatan dan jaga kondisi tubuh

Kata orang musim hujan merupakan musim rawannya orang terkena penyakit ringan seperti flu, pusing dan lainnya. Karena itu anda harus menjaga tubuh anda sebelum berwisata ke Dieng dengan rajin berolahraga supaya daya tahan tubuh anda jauh lebih meningkat, selain itu karena wisata alam membutuhkan tenaga maka persiapkan vitamin atau suplemen sebagai pendongkrak stamina. Suasana dingin apalahi ditambah hujan ini akan membuat suasana begitu syahdu karena suasana yang sepi dan jarangnya wisatawan yang beraktivitas wisata di Dieng namun begitu ini menjadi nilai lebih karena anda bisa mendapatkan spot area foto yang lebih indah dan mengagumkan. Obat – obat pribadi pun jangan sampai luput karena dengan membawa obat = obatan pribadi maka anda sudah mengantsipasi untuk menjaga diri anda.

Pilih kostum yang sesuai

Kostum merupakan salah satu yang harus diperhatikan saat musim hujan tiba yaitu dengan mengenakan kostum yang secukupknya tanpa harus memakai kostum yang panjang seperti gaun dengan panjang gaun lebih dari dua meter karena ini akan mempersulit anda dan membuat anda tidak nyaman dalam memakainya. Selain itu anda juga harus membawa ganti agar saat pakaian atau kostum anda basah maka anda memiliki gantinya. Begitupula dengan sepatu, alangkah baiknya anda membawa sendal jepit unttuk mengantisipasi air hujan.

Siapkan dana ekstra dan uang cash

Tips lain yang juga sangat penting adalah dengan menyiapkan uang cash yang anda bawa, dengan membawa uang cash dan dana ekstra maka anda sudah tidak perlu untuk keluar dan mencari atm dikala hujan melanda. Jadi lebih praktis membawa dana ekstra dan uang cash untuk antisipasi berwisata di Dieng.

Itulah 8 tips wisata alam ke Dieng saat musim hujan yang kami ketahui dan wajib anda baca untuk liburan yang lebih menyenangkan dan menarik, apabila masih ada tips lain maka jangan ragu untuk menambahnya dalam catatan anda yang berfungsi sebagai antisipasi dikala berwisata alam dimusim penghujan.

Leave a Reply