Dieng Plateau – Tempat wisata, lokasi, kuliner dan atraksi wisata
Dieng Plateau - Tempat wisata, lokasi, kuliner dan atraksi wisata

Dieng Plateau adalah sebuah dataran tinggi yang berada di Indonesia tepatnya di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara Propinsi Jawa Tengah. Dieng dikenal karena memiliki pegunungan aktif yang hijau, terasiring berkebunan yang unik, danau dan sunrise yang cantik serta peninggalan candi hindu kuno yang eksotik.

Dataran tinggi Dieng menjadi salah satu daerah kunjungan wisata utama di Jawa Tengah. Selain mempunyai keanekaragaman destinasi yang dituju, Dieng juga memiliki suhu udara yang segar yaitu berkisar 12 hingga 20 derajad celsius saat siang hari dan 6 hingga 10 derajad celcius pada malam hari.

Suhu Udara di Dieng Plateau

Suhu Udara di Dieng Plateau

Pada saat-saat tertentu contohnya ketika musim kemarau yang biasa datang selama 3 bulan yakni Bulan Juli, Agustus dan September Dieng memiliki fenomena alam yang luar biasa yaitu munculnya embun es atau fross dengan suhu udara hingga mencapai -3 derajad celcius. Fenomena ini muncul dari tengah malam hingga pagi hari sebelum matahari terbit. Disaat inilah Dieng naik daun hingga wisatawan yang berkunjung 10 kali lipat dari hari biasanya hanya untuk menyaksikan embun es Dieng.

Selain alam yang beranekaragam, Dieng juga memiliki budaya yang masih kental, sopan santun serta tepo seliro yang tinggi apalagi jika ada wisatawan yang datang, mereka berlomba-lomba untuk menyambut dengan riang gembira.

Mayoritas penduduk Dieng bermata pencaharian sebagai petani kentang. Selain hasil buminya yang melimpah kini mereka mulai bergelut dengan bisnis pariwisata seperti membuat usaha penginapan, membuka rumah makan dan produksi aneka olahan makanan khas Dieng seperti carica dan aneka keripik kentang.

Dieng juga menawarkan pemandangan alam menakjubkan yang selalu diminati banyak wisatawan. Jangan buang kesempatan untuk mengunjungi obyek wisata populer dataran tinggi ini. Bahkan Dieng dijuluki para pelancong surganya para pendaki karena ada banyak pegunungan atau perbukitan di sini yang mudah di daki yang menawarkan landscape alam memukau seperti : Bukit Sikunir, Bukit Sidengkeng, Bukit Pangonan, Gunung Prau, Gunung Pakuwojo, Gunung Sikendil, Gunung Sitlerep dan masih banyak lainnya.

Lokasi Dieng Plateau

Dieng Plateau dimiliki oleh 2 kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo (Distrik Kejajar) dan Kabupaten Banjarnegara (Distrik Batur).

Maps Dieng Plateau

Dieng merupakan dataran tinggi aktif yang rata-rata memiliki ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Daerah ini dikelilingi oleh gunung-gunung tinggi seperti Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Daftar wisata Dieng Plateau

Daftar wisata Dieng Plateau

Dieng memiliki beranekaragam destinasi wisata yaitu wisata alam, sejarah, budaya dan wisata buatan. Berikut daftar destinasi wisata Dieng yang populer dikunjungi wisatawan.

Wisata sunrise dan pendakian di Dieng

  1. Bukit Sikunir
  2. Gunung Prau
  3. Gunung Pangonan
  4. Gunung Pakuwojo
  5. Gunung Sikendil
  6. Gunung Seroj
  7. Bukit Sidengkeng
  8. Batu Pandang

Wisata danau

  1. Telaga Warna
  2. Telaga Pengilon
  3. Telaga Cebong
  4. Telaga Merdada
  5. Telaga Swiwi
  6. Telaga Balekambang
  7. Telaga Dringo
  8. Sumur Jalatunda

Wisata Sejarah

  1. Komplek Candi Arjuna
  2. Candi Setyaki
  3. Candi Bima
  4. Candi Gatotkaca
  5. Candi Dwarawati
  6. Museum Kailasa

Wisata vulkanik

  1. Kawah Sikidang
  2. Kawah Sileri
  3. Kawah Candradimuka

Wisata budaya

  1. Dieng culture festival

Wisata buatan

  1. D-qiano water park
  2. Dieng Plateau Theater

Wisata lainnya

  1. Gardu Pandang Tieng

Bagaimana cara ke Dieng

Meskipun di pegunungan terrpencil Dieng sangat mudah dijangkau dari berbagai daerah karena dekat dengan kota fenomenal di Jawa Tengah dan DIY. Adapun cara menuju Dieng yang biasa wisatawan lakukan yaitu dengan cara perjalanan darat dan udara yaitu bisa via pesawat, bus, kereta bahkan kendaraan pribadi.

Jika ingin ke Dieng dengan menggunakan sarana transportasi udara bisa menggunakan pesawat. Bandara terdekat dengan Dieng ialah Bandara Ahmad Yani yang berada di Semarang dan Bandara Adji Sutcipto yang berada di Gunung Kidul Jogjakarta. Perjalanan dari bandara menuju ke Dieng akan dilanjutkan dengan perjalanan darat yang akan memakan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan.

Dan bila ingin menggunakan moda transportasi kereta api, Anda bisa transit terlebih dahulu di Jogja, Semarang, Purwokerto dan Kutoarjo.

Kuliner khas Dieng

Adapun kuliner yang selalu diburu wisatawan ialah carica. Carica merupakan pepaya kerdil yang hanya tumbuh di Dieng yang berbuah jika ditanam diatas ketiinggian 1.700 meter hingga 2.000 meter diatas permukaan laut.

Bentuknya seperti pepaya namun ukuranya mungil seperti belimbing. Rasanya asam bukan manis layaknya pepaya. Namun baunya sangat harum dan segar seperti buah markisa. Buah ini diolah oleh penduduk setempat menjadi kudapan lezat manisan carica yang dijual di tempat wisata Dieng dan pusat oleh-oleh Dieng.

Selain carica ada juga aneka olahan kentang serta purwaceng yaitu ginseng Dieng.

Untuk makanan khas Dieng yaitu mie ongklok yang dikenal sebagai kuliner khas Wonosobo. Makanan ini disajikan bersama sate sapi dan tempe kemul (tempe tepung).

Akomodasi di Dieng

Dieng yang dahulu tentu berbeda dengan Dieng yang sekarang. Dulu wisatawan sangat sulit menemukan akomodasi seperti homestay atau penginapan lainnya. Bahkan dulu para pelancong menginap di rumah-rumah penduduk yang notabenya hanya rumah tinggal biasa. Kini wisatawan tidak perlu khawatir dan risau lagi karena penginapan atau homestay telah berkembang pesat di Dieng.

Adapun jenis penginapan Dieng yang bisa ditemukan saat ini ialah:

  1. Homestay Dieng
  2. Guest house Dieng
  3. Villa
  4. Hotel Dieng (non-bintang)
  5. Losmen
  6. Hostel

Selain akomodasi penginapan, wisatawan juga membutuhkan akomodasi tempat makan. Kini Anda bisa memilih banyak menu dan varian tempat makan di Dieng. Menu makan di sini kebanyakan menu makan prasmanan di rumah makan lokal.

Transportasi ke Dieng

Sarana transportasi ke Dieng yang sering dipakai wisatawan ialah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Bahkan jika mereka rombongan menggunakan kendaraan sejenis ELF bahkan bus medium. Akan tetapi untuk bus medium ada pembatasan atau tidak diperbolehkan naik ke Dieng di saat-saat tertentu seperti musim liburan, lebaran, DCF dan tahun baru untuk mengurangi kemacetan.

Untuk Anda yang bepergian ke Dieng dengan cara backpacker ada transportasi ke Dieng yang murah dan meriah yaitu naik mikro bus. Kendaraan ini berjenis ELF namun lebih besar ukurannya dengan total tempat duduk 17 seat.

Atraksi menarik

Atraksi menarik yang bisa disaksikan di Dieng Plateau ialah tradisi lama pencukuran rambut gimbal anak-anak Dieng dalam acara DCF / Dieng Culture Festival.

Atraksi menarik lainnya ialah ikut para petani panen kentang di ladang secara langsung serta menyaksikan embun es atau salju Dieng saat musim kemarau tiba.

Kapan waktu terbaik wisata ke Dieng?

Bila mengulas keindahan dan kekayaan Dieng memang tidak ada habisnya. Semua titik ada sesuatu yang teramat menarik. Agar tidak ketinggalan momen yang sangat berharga tentu para wisatawan harus bisa menentukan kapan waktu berkunjung terbaik ke Dieng.

  1. Ketika musim kemarau menyaksikan salju Dieng dan dingin yang ekstrim
  2. Saat musim kemarau menikmati sunrise yang cerah
  3. Musim penghujan menyaksikan kabut dan terkadang ada awannya
  4. Non weekend adalah waktu yang tepat berkunjung ke Dieng karena destinasi wisata tidak terlalu ramai

Comments

Leave a Reply