Mengenal Wikipedieng, Ensiklopedia Dieng (Review)
Mengenal Wikipedieng, Ensiklopedia Dieng (Review)

Kita tahu bahwa Wikipedia terkenal dengan ensiklopedia yang terlengkap di seluruh dunia, dari halaman utama situs id.wikipedia.org per 18 juli 2020 sudah ada 537.223 artikel dalam bahasa Indonesia. Konsep serupa ditiru oleh website Wikipedieng namun situs ini lebih lokal karena hanya menyajikan informasi yang berkaitan dengan wisata di Dieng saja. Website ini telah mengumpulkan lebih dari 150 artikel per 18 juli 2020 yang berhubungan dengan Dieng Plateau.

Dari sudut penampilan, website ini hampir sama dengan Wikipedia yang dibangun menggunakan MediaWiki. Namun jangan salah, Wikipedieng tidak menggunakan software yang dirancang khusus untuk Wikipedia itu, melainkan menggunakan dokuwiki yang mirip dengan tampilan website ensiklopedia online terbesar itu. Layaknya Wikipedia, Wikipedieng juga ditulis oleh komunitas yang ingin berkontribusi secara langsung.

Dokuwiki sendiri merupakan perangkat lunak wiki Open Source yang mudah digunakan dan sangat serbaguna yang tidak memerlukan database. Itu disukai oleh pengguna karena sintaksinya yang bersih dan mudah dibaca. Kemudahan perawatan, cadangan, dan integrasi menjadikannya favorit untuk mengembangkan situs wiki.

Karena website ini berhubungan dengan Dieng, maka kategorinya pun tidak jauh dengan dataran tinggi Dieng. Sebagai pembaca, Anda bisa mengirimkan tulisan ke website Wikipedieng untuk dibagikan kepembaca lainnya. Untuk menggunakan Wikipedieng sama mudahnya dengan menggunakan Wikipedia dikarenakan tampilan halamannya yang serupa tetapi dengan konten yang berbeda.

Selain itu, Wikipedieng dilengkapi dengan kotak pencarian yang memudahkan penggunanya mendapatkan informasi seputar Dieng, Anda bisa mengunjungi halaman: Cari apapun tentang Dieng di Wikipedieng, tinggal ketik kata kunci nantinya Wikipedieng akan menampilkan hasil pencarian dengan lengkap. Kotak pencarian yang ada di Wikipedieng sendiri mengguanakan teknologi Google Penelusuran Khusus (Google Programmable Search Engine).

Misi Wikipedieng sendiri sebagai ajang promosi destinasi wisata Dieng agar lebih dikenal banyak wisatawan, untuk saat ini situs web tersebut baru menggunakan Bahasa Indonesia, mudah-mudahan kedepan bisa merambah menggunakan bahasa Internasional seperti Inggris dan Belanda. Karena destinasi wisata Dieng salah satu pengunjung terbanyak dari Belanda dan negara-negara Asia seperti Malaysia, Tiongkok dan Jepang.

Comments

Leave a Reply